Testimoni Muay Thai Seorang Teman dan Perawatan Rambut Sehat Bagi Sobat yang Aktif - Fasmawi Saban Blog's
Dikelola Oleh:Fasmawi Saban Sihabuddin S.H.,M.Hum. Diberdayakan oleh Blogger.

Testimoni Muay Thai Seorang Teman dan Perawatan Rambut Sehat Bagi Sobat yang Aktif






 



Sobat Bloger, pada postingan kali ini saya akan membahas kembali tentang Olahraga Muay Thai dan Perawatan Rambut Bagi Kamu yang Aktif. Artikel ini adalah artikel ke-dua saya tentang Muay thai. Sebelumnya artikel saya ada di website saya yang satunya dengan Judul Insiprasi: Olahraga Mematikan (Muay Thai) dan Menjaga Kesehatan Rambut . Bisa dilihat di link berikut:  http://sabanhukum.blogspot.com/2015/04/olahraga-mematikan-muay-thai-dan-tips.html



Silahkan dibaca juga ya sobat !!! 

Sebelum lebih jauh membahas mengenai olahraga Muay Thai Sobat wajib tonton video ini dulu agar sebagai pemanasan agar semakin tertarik dengan olahraga Muay Thai:
 
Sobat Bloger, postingan kali ini adalah artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya hehe Namun, kali ini artikel yang ditulis adalah hasil dari wawancara tentang pengalaman teman saya yang mengikuti olahraga Muay Thai di Kota gudeg Jogjakarta.  
Ini foto temanku Rani Sobat, Cantik kan? Haha . . .

Nah ini dia temenku Rani yang keren ini hehe

suasana latihan dia dengan pelatihnya
Namanya Rani, dia kuliah dikampus yang sama dengan aku tapi beda Fakultas sih. Dia orangnya agak tomboy dan berkarakter tapi cukup cantik koq. Menurutku dia itu berbeda dengan cewek-cewek yang lain karena dia suka olahraga, dan orangnya sangat aktif, orangnya asertif banget. Yang menjadi istimewa dari dia karena dia mengikuti latihan olahraga Muay Thai. Pas banget  dengan adanya event Kontes Nulis Artikel Blog dengan tema #ZincMuayThai yang diadakan oleh  Zinc Muay Thai BLOG COMPETITION berhadiah iPhone6


Alasan saya mengangkat tema "Testimoni Muay Thai Seorang Teman dan Perawatan Rambut Sehat Bagi Sobat yang Aktif" karena saya tertarik dengan banyak pemberitaan yang menyebutkan bahwa perempuan indonesia berbondng-bondong belajar Muay Thai. nah kebetulan sekali teman saya Rani pun  bekajar Muay Thai. Maka tema ini saya angkat.Seperti video berita selebritis dibawah ini (Widi vieratale, Julia Perez dan Nikita Willy) yang tertarik dengan olahraga Muay Thai. ini menjadikan olahraga Muay Thai menjadi Trend bagi kaum perempuan. Begitu juga dengan teman saya Rani.


Tanpa pikir panjang, aku langsung wawancarai dia  untuk menggali informasi serta mencari tau pengalaman dan wawasan dia tentang Muay Thai untuk dituangkan di artikel ini. Siapa tau saja saya dapat hadiah IPhone6 dari Zinc, rezeki gak ada yang tau. Hehe. Nah teman saya Rani ini belajar Muay Thai di Nata Putra MUAYTHAI Camp di Yogyakarta
Tanggal  29 April 205 aku menyempatkan datang langsung ke camp nya dia dan sebelum itu kita gak lupa janjian dulu.
Nah ini kondisi camp dia sobat
 






Nah, sobat setibanya di camp, tanpa basa-basi aku langsung mengajukan pertanyaan pertamaku ke- si  Rani:
Aku: “Ran, kamu nyaman gak dengan olahraga Muay Thai ini? So, Karena kan kamu ini cewek, Ran?” Nah jawaban dia begini: “Emang kalo cewek masalah gitu untuk nyoba olahraga Muay Thai? Olahraga ini enak kok dilakukan perempuan makanya aku mau melakukanya.” katanya muay thai, latihannya nagih karena kebanyakan langsung praktek, jadi ga perlu banyak teori.
Latihan muay thai yang di ikutnya berfokus ke teknik sedangkan motivasinya ikut muay thai katanya jaga-jaga biar aman kalau kemana-mana. Dia juga punya bareng teman-teman cewek yang lainya loh mengikuti olahraga muay thai ini. Menurut dia Alasan kenapa wanita zaman sekarang harus ikut latihan muay thai karena kaum wanita, kerap menjadi sasaran empuk, para pelaku tindak kejahatan, akhir akhir ini. Maka, tak ada salahnya, dia, kini membekali diri, dengan ilmu bela diri. Nah olahraga yang tepat menurut dia muay thai. Karena bela diri asal thailand ini, tak hanya berfungsi sebagai pertahanan diri, namun sekaligus dapat membentuk tubuh, lebih bugar. Muay Thai, memacu aktivitas otot yang cukup tinggi sehingga membuat sang pelakunya dapat mewujudkan mimpi bertubuh ramping lebih cepat. 
Rani dan temanya sesama berlatih

Dari hasil wawancaraku juga diketahui bahwa metode pengajaran muay thai kurang lebih sebagai berikut: pertama pemanasan fisik, trus shadow box, sparring sama trainernya terakhir pendinginan. Di awal-awal pemanasan dan shadow box diajarkan gerakannya bareng-bareng sama yang lain, tapi waktu sparring one on one, sama trainernya. Sparring ini trainernya cuma ngarahin target kok, bukan kayak berantem (kecuali cowok-cowok yang udah lumayan bisa, biasanya diajak ‘berantem’ sama trainingya). Seneng sih ikut olahraga ini meskipun tiap pulang latihan kecapekan. Ujar Rani.
Kisaran harga glove muay thai berapa yah? Tanyaku kepada Rani? Jawabanya: “yang terkenal itu merk everlast (sering dipake di film-film) harga kisaran 600rb keatas, di facebook juga ada yang jual buatan Jogja namanya strikes sport harganya lebih murah dari everlast yang synthetic 150-175rb, yang kulit sekitar 300 ribu tergantung ukurannya. Lebih bagus everlast sih, tapi sebandinglah sama harganya. Kalo glove muaythai setauku paling bagus itu yang bikinan Thailand, pasti asli kulit jadi lebih awet. Merknya banyak, tapi paling banyak pake twins atau topking. Kalo di indonesia paling gampang ya beli everlast, cuma pastiin aja itu bener glove Muay Thai, soalnya rada beda sama glove boxing.” Ucap temanku ini. 



Dia juga mengatakan bahwa sejauh ini dia  ngerasa cocok banget olahraga Muay Thai dibanding nge-gym. Karena seluruh badan gerak dari tangan sampe kaki, dan itung-itung modal bela diri juga. Menurut dia awal-awalnya berat nyesuain badan, apalagi kalo sebelumnya jarang olahraga, tapi sekarang malah kalo gak latian, badan pegel-pegel. Ditempatnya latihan, ada 2 pilihan: kelas cardio (1 1/2 jam) sama kelas muay thai (2 jam). Cardio itu banyakan gerak pembakaran, muaythai itu lebih kayak kelas teknis, gerakan lebih diperhatikan. Tapi basically latihannya hampir sama sih, cuma porsinya aja beda: stretching-pemanasan(skipping)-shadow boxing (gerakan aja, nggak pake sasaran)-boxing sansak-padwork (mukul sasaran yang dipegang trainer)-trus terakhir sit up, back-up sama leg-raise. Ujar Rani dengan fasih menjelaskanya.


Uuhhhhh aku malah jadi termotivasi untuk ikutan latihan olahraga Muay Thai bareng dia. Rencana sih paling mulai pertengahan Mei 2015 ini aku mau  ke camp nya  lagi untuk lebih meneguhkan untuk ikut latihanya secara rutin haha. So kan aku sekarang sedang sibuk mengikuti shooting ftv jadi harus bisa menyesuaikan waktu.

Sobat jika  berbicara mengenai Muay Thai maka tentunya itu adalah sebagian dari olahraga yang aktif dan bakal nguras tenaga, yang tak kalah penting adalah bahwa rambut sobat-sobat yang mengikuti kegiatan aktif seperti Muay Thai akan butuh perawatan khusus. Makan dari itu, saya akan meberikan tips-tips untuk perawatan rambut bagi sobat-sobat yang aktif.  
Tips-Tips yang dimaksud tersebut antara lain :
Pertama,  Gunakan shampo yang tepat yaitu dengan memakai Zinc. Ada banyak jenis shampoo Zinc.Tersedia 7 perawatan rambut untuk pria dan wanita: Refreshing Cool, Clean Active, Hair Fall Treatment, Soft Shine, Black Shine, Active Cool (Men), Anti Hair Fall (Men). Tetapi bagi kamu yang aktif apalagi yang melakukan olahraga Muay Thai maka harus memakai Shampoo Active Cool MEN. Zinc Anti Dandruff Shampoo Active Cool MEN, dengan Cooling Menthol nya meresap kedalam, membuat kulit kepala bersih, menjadikan rambut bersih dari ketombe dan segar tahan lama.
ZINC Anti Dandruff Shampoo, memberikan lebih dari shampoo anti ketombe biasa. Atasi ketombe dengan Zinc, efektif menghilangkan ketombe dan merawat keindahan rambut. Tersedia dalam kemasan Sachet (6 ml ) & Botol (80 , 170 & 340 ml). Jangan salah pilih sobat buat kalian aktif seperti mengikuti olahraga Muay Thai seperti teman saya Rani maka harus memakai Zinc Active Cool seperti tertera digambar :
.
Untuk lebih mengetahui dan menggali mengenai perawatan rambut sehat, produk-produk zinc, serta menggali informasi mengenai olahraga Muay Thai, Sobat Bloger bisa kunjungi http://www.zinc.co.id/
 Sobat kalau kalian memakai Zinc maka gerakan active kalian seperti ini nih :
 


Kedua, Sobat harus menghindari sengatan matahari ke kulit kepala. karena sengatan matahari ke kulit kepala juga dapat menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar. 

Ketiga, Jika tidak perlu maka sobat jangan memakai wig ataupun topi dalam keseharian sobat. Hal itu bisa membuat kulit kepala sobat tidak dapat bernapas dengan baik dan mencekik lemas folikel Anda. Jilbab, helm, atau topi tidak merusak rambut Anda seperti wig, asalkan berhati-hati saat mengenakan dan melepaskannya.

Keempat, Gunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner terutama sangat dibutuhkan bila rambut Anda kering dan Jaga kecukupan protein. Karena rambut terdiri dari protein (keratin), penting sekali bagi Anda untuk mengikuti diet cukup protein untuk mempertahankan produksi rambut. Protein ditemukan pada daging, ikan, unggas, telur, susu, keju, sereal, kedelai dan kacang-kacangan.

Kelima,  Jangan lupa Seimbangkan dan stabilkan kondisi emosi Anda. Stres dapat memicu kerontokan rambut.

Keenam, Ketika menggosok rambut dengan handuk jangan terlalu keras. Saat rambut basah, strukturnya lebih rapuh, sehingga harus dihindari menyisir atau menyikat terlalu kuat.
 
Ketujuh, Jangan terobsesi dengan masalah rambut. Jangan menyentuh atau menarik rambut terus-menerus.

 Demikian artikel saya mengenai "Testimoni Muay Thai Seorang Teman dan Perawatan Rambut Sehat Bagi Sobat yang Aktif". Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi sobat-sobat yang ingin mengetaui lebih dalam tentang Muay Thai dan cara merawat rambut sobat bagi sobat-sobat yang aktif. Terimakasih.
Kunjungi link berikut untuk lebih banyak mengetahui informasi tentang Olahraga Muay Thai: www.zinc.co.id