Sejarah Desa Depok Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut - Fasmawi Saban Blog's
Dikelola Oleh:Fasmawi Saban Sihabuddin S.H.,M.Hum. Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah Desa Depok Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut

by kknmdepok2011 on 20/07/2011
Desa Depok merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut. Nama Depok berasal dari nama salah satu kampung yang berada di Desa Depok itu sendiri yaitu Padepokan yang dibentuk oleh Prabu Kiansantang pada zaman penjajahan Belanda. Kampung Depok merupakan kampung  tertua dan tidak pernah diinjak oleh Belanda. Hal ini dikarenakan adanya sungai  yang diyakini angker yang harus dilalui apabila ingin sampai ke Kampung Depok. Sungai tersebut adalah Sungai Cikaso. Orang yang berniat jahat bisa tiba-tiba sakit bahkan mati jika melewati sungai tersebut.
Pada tahun 1825, beberapa kampung termasuk Kampung Depok  dibentuk menjadi satu desa dan dinamai Desa Depok. Pada waktu itu, desa ini merupakan daerah istimewa karena adanya makam Prabu Kiansantang yang dianggap tempat bersejarah karena beliau merupakan tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat.
Pembangunan jalan jalur Pameungpeuk – Garut yang melewati Desa Depok dilakukan pada tahun 1911. Adapun pembangunan masjid dilakukan pada tahun 1980-an. Masjid yang pertama dibangun adalah Masjid Al-Miptah yang berada di bawah Gunung Nagara dan merupakan masjid tertua di Desa Depok.
Kurangnya kebersihan lingkungan di Desa Depok menyebabkan terjadinya wabah penyakit yaitu muntaber dan cacar pada tahun 1980-an. Ditambah lagi terjadinya banjir dan longsor pada tahun 1986 mengakibatkan semakin mewabahnya penyakit tersebut. Setelah peristiwa itu, penduduk mulai sadar akan kebersihan sehingga kesehatan mereka pun meningkat.
Pembangunan infrastruktur seperti jembatan dan perbaikan jalan dilakukan beberapa tahun belakangan ini sehingga akses Desa Depok pun semakin baik. Dengan demikian aktivitas masyarakatnya pun berjalan dengan baik.